Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 126
Total Hits : 1,768,796
Pengunjung Hari Ini : 56
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 480,622

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 87 Next > Last >>

 Study Orientasi DPRD Kabupaten Paser Ke Kukar

Kunjungan kerja pansus Raperda II DPRD Kabupaten Paser ke Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara terkait peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah hari Kamis pagi, 21/4/2022 di ruang rapat Dispar Kukar. Banyak pembahasan yang dibahas dalam rapat kali ini terutama membahas mengenai rencana induk kepariwisataan daerah yang sudah dilaksanakan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pariwisata.
Kabupaten Paser melakukan Study Orientasi ke Kutai Kartanegara karena dinilai telah berhasil dalam menetapkan rencana induk yang dibuat untuk kepariwisataan daerah salah satunya mengenai pengembangan, infrastruktur, dan akomodasi agar kepariwisataan. Adapun anggota DPRD Kabupaten Paser yang datang berjumlah 9 orang.

 Buka Puasa Bersama Dinas Pariwisata

Buka puasa bersama dan silaturahmi keluarga besar Dinas Pariwisata bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dispar Kabupaten Kutai Kartanegara dengan rangkaian ceramah keagamaan, sholat maghrib dan tarawih berjamaah dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2022 di Gedung D lantai 3 Dinas Pariwisata, komplek perkantoran Bupati.Dengan adanya kebersamaan ini, pada Ramadhan 1443 H.
Dengan harapan dapat lebih mempererat jalinan tali silaturahmi, menjaga rasa kebersamaan serta meningkatkan rasa persaudaraan antara sesama ASN (Aparatur Sipil Negara) dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara yang dalam hal ini juga dihadiri langusng Bapak Kepala Dinas, Slamet Hadiraharjo beserta istri dan juga seluruh Kepala Bidang serta staf turut mengikuti acara tersebut.

 Rapat Kemah Pemuda Adat Dayak

Rapat mengenai permohonan Kemah Pemuda Dayak 2022 Rabu (13/4) di Pantai Tanah Merah Kecamatan Samboja pada bulan Agustus 2022 nanti bertempat di Ruang Rapat Dispar sekaligus mendengarkan presentasi dari panitia Kemah Pemuda Dayak 2022. Kemah Pemuda Dayak 2022 ini merupakan perkemahan yang melibatkan pemuda-pemuda dayak yang ada di Kalimantan terlebih di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Kemah ini bertujuan untuk mempertahankan adat istiadat, menggali jejak leluhur / sejarah leluhur, pekan pemuda adat, seminar / dialog publik kebudayaan. Intinya memperkuat, memilihara dan mengembangkan budaya supaya masyarakat bermartabat secara budaya melalui para pemuda - pemuda adat se-Kalimantan.

 Festival Budaya Kutai Adat Lawas Akan Digelar


 Pulau Kumala Akan Kembali Dibuka

Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata M. Ridha Fatriantha mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan jaringan listrik dikawasan Pulau Kumala kalau perbaikan rampung dan tidak ada masalah maka Pulau Kumala akan kembali dibuka pada bulan ini atau bulan depan. “Dalam waktu dekat ini kita kan lagi perbaikan jaringan listrik tegangan menengah jadi kalau tidak ada halangan dipertengahan bulan puasa ini kita mau coba hidupkan lampu kalau memang tidak ada masalah nanti setelah lebaran kita buka atau sebelum lebaran kita buka”,kata Ridha Fatriantha Kepada media lokal setempat baru-baru ini.
“Kepada warga yang nanti akan mengunjungi Pulau Kumala kita juga menghimbau tetap disiplin dalam menerapkan Prokes dan jangan membuang sampah sembarangan mari kita jaga lingkungan kita bersama” ujar Ridha.Setelah tutup cukup lama akibat pandemi Covid 19 akhirnya Pulau Kumala akan dibuka untuk umum hal ini tidak terlepas dari surat edaran Bupati tentang penyelanggaraan tatanan normal baru produktif dan aman pada masa pandemi virus corona pada sektor pariwisata, salon, spa, serta resepsi pernikahan di kabupaten kukar. Lebih lanjut lagi, Ridha Fatriantha menjelaskan guna meminimalisir kontak langsung antara petugas dengan pengunjung, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bankaltimtara terkait dengan pembayaran non tunai atau menggunakan e-money untuk pembelian tiket masuk.

 Kukar Dan Ekraf Jadi Role Model Kaltim

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo melalui Kabid Pengembangan Ekraf David Haka Saputra mengatakan, Rakernis Pariwisata dan Ekraf digelar sebagai upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk memperkuat Pariwisata Kaltim sebagai mitra IKN. Kukar masuk predikat 4 besar dan Balikpapan masuk 10 besar KaTa Kreatif di Indonesia tahun 2021. “Pengembangan Ekraf di Kukar dijadikan contoh oleh kabupaten/kota lain, termasuk juga di Balikpapan. Pada 2019 dan 2021 Kukar dan Balikpapan dapat predikat sebagai KaTa kreatif dari Kemenparekraf,” kata David Haka, belum lama ini. Saat rapat Rakernis Kemanparekraf pertengahan Maret lalu, melalui zoom meeting deputi dari Kemenparekraf menyampaikan kepada peserta 10 Kabupaten di Kaltim yang hadir bisa belajar dengan Kukar dan Balikpapan.
Sehingga daerah lain bisa mengembangkan ekonomi kreatif dan Kukar sudah memiliki Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf). “Silahkan belajar dengan Kukar untuk masuk dalam penetapan kabupaten/kota kreatif di tahun 2022 ini, silakan katanya. Artinya belajar lah,” jelasnya. Dinas Pariwisata Kota Bontang dan Kota Samarinda sudah melakukan komunikasi, bahkan direncanakan mereka bakal berkunjung ke Dinas Pariwisata Kukar dan Kekraf Kukar. Lantaran di Kaltim, Kukar sudah membentuk Kekraf. “Kami mempersilahkan berkunjung ke Kekraf, karena itu salah satu nilai tambah dalam program KaTa Kreatif,” tutupnya.

 Pembagian Takjil Kegiatan Bakti Sosial DWP Dinas Pariwisata

DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial pada Jum’at siang menjelang sore, 8/4/2022. Sebelumnya sudah terlaksana kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren pada hari Rabu sebelumnya, kali ini kegiatan dilaksanakan ke beberapa titik yang ada di kota Tenggarong seperti tempat para pembersih jalan dan pedagang kaki lima pada sore hari.
Sebelum berangkat, anggota-anggota DWP Dinas Pariwisata melakukan pembungkusan takjil yang akan dibagikan di rumah ibu Hj. Eka Yuyun N. Slamet Hadiraharjo, SP. Ada beberapa tempat untuk dilaksanakannya bakti sosial ini, mulai dari pinggir sungai Timbau hingga disekitar area pasar tangga arung. Kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat terlebih bagi orang-orang yang membutuhkan sehingga bulan suci Ramadhan ini lebih berkah.

 Kegiatan Bakti Sosial DWP Dinas Pariwisata

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara melaksanakan kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan Ar-Rayyan Timbau & Pondok Pesantren Miftahul Ulum Mangkurawang pada Rabu pagi, 6/4/2022. Kegiatan ini merupakan salah satu program - program yang dijalankan oleh Dharma Wanita Persatuan yang melibatkan istri - istri pejabat & pegawai perempuan di ruang lingkup Dinas Pariwisata yang sudah beberapa pekan lalu diadakan rapat penyusunan program - program yang kan dilaksanakan.
Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, Dharma Wanita Persatuan berharap bisa sering melakukan kegiatan seperti ini, selain untuk menjalin tali silaturahmi antar anggota Dharma Wanita Persatuan, kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk orang-orang yang lebih membutuhkan terlebih bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

 Pelantikan Pengurus Komite Ekonomi Kreatif Muara Badak

Pelantikan Pengurus Komite Ekonomi Kreatif Kecamatan Muara Badak Rabu 30 Maret 2022 di Mooara cafe and creative space berjalan lancar, dihadiri langsung Sekda Kutai Kartanegara, Bapak Sunggono. Dengan adanya pelantikan kepengurusan, komite ini bisa menjalankan amanahnya dengan baik sehingga Pariwisata & Ekonomi Kreatif terus berkembang di Muara Badak.Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara bersama Komite Ekonomi Kreatif Kab.
Kutai Kartanegara menjalankan program dedikasi Bapak Bupati dan wakil Bupati Kutai Kartanegara yaitu program “Kukar Kreatif IDAMAN” mempersembahkan acara Creative Day. Salah satu rangkaian acaranya yaitu Pelantikan Pengurus Komite Ekonomi Kreatif Kecamatan Muara Badak. adapun beberapa kegiatan lainnya meliputi Kelas Kreatif Lettering, Creative Market, Talk Show Potensi Kreatif, Malam Seni "Show Your Talent and Creativity" yang juga digelar pada hari Rabu, 30 Maret 2022 di Mooara cafe and creative.

 Penyerahan SK Kelompok Sadar Wisata Sangasanga

Pada hari Selasa, 29 Maret 2022 berlangsung Kegiatan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata dan Sapta Pesona oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Merah Putih 99. Camat Sangasanga dalam hal ini diwakili oleh Kasi Kesos Kecamatan membuka kegiatan sosialisasi ini. Dilanjutkan dengan kunjungan ke situs - situs bersejarah yang ada di Kecamatan Sangasanga. Kecamatan Sangasanga merupakan tempat yang memiliki banyak sejarah dalam peradaban Kutai Kartanegara.
Banyak edukasi yang bisa digali disini salah satunya situs - situs peninggalan seperti kilang minyak dan lain-lain. Dengan adanya pembentukan Pokdarwis ini sekaligus menyerahkan SK secara resmi dari Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara, Kelompok Sadar Wisata Merah Putih 99 bisa menjaga dan mengembangkan situs-situs bersejarahnya sehingga keunggulan dari Kecamatan Sangasanga ini semakin dikenal dan lestari kedepannya.

Even Tahunan

Even