Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 21
Total Hits : 1,727,514
Pengunjung Hari Ini : 14
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 468,329

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 78 Next > Last >>

 Kutai Kartanegara Urutan Ke 2 Kabupaten Kota Kreatif Nasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan lokasi sebagai Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2021 untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif Tanah Air. Kabupaten Kutai Kartanagara masuk urutan ke 2 Kabupaten Kota Kreatif Oleh Kemenparekraf RI tahun 2021. Berikut daftar Kota/Kabupaten Kreatif 2021 meliputi Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Majalengka, Kota Malang, Kabupaten Rembang, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Palembang, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Ambon, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banjarnegara, Kota Salatiga, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Wonosobo, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Pekalongan. Keputusan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Tentang Penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021 diserahkan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021 diharapkan mampu mendorong kabupaten/kota agar lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kinerja ekonomi kreatif demi memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing. “Penetapan ini diharapkan menjadi pemicu kabupaten/kota yang lain untuk menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Diharapkan tahun depan akan ada peningkatan kabupaten/kota lainnya, termasuk Samarinda yang potensinya bisa dikembangkan,”kata Menparekraf.

 Pemilihan Duta Wisata & Puteri Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur 2021

Kemeriahan terlihat dari acara Pemilihan Putri dan Duta Wisata Kalimantan Timur yang pada tahun ini kembali diselenggarakan. Sebelumnya pada tahun 2020 acara ini tidak diselenggarakan karena pandemi Covid 19 yang kian meluas dan rasionalisasi anggaran disetiap kegiatannya. Acara yang dilaksanakan pada malam hari bertempat di Ballroom Hotel Swiss Belhotel, Jalan Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Acara diselenggarakan pada hari Selasa malam, 14 Desember 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di sepanjang acara. Peserta ada 20 finalis dari Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara,Kabupaten Kutai Barat, Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dari jumlah tersebut ada 5 Besar Putri Pariwisata dan Duta Pariwisata.
Kutai Kartanegara mengirim wakilnya yaitu Duta Wisata Kukar 1, Galan Dwi Frihanata & Alvionita Budiaris, Duta Wisata Kukar 2, Josias Anugrah & Dewi Widyanata, Putri Pariwisata Kukar 1, Ratu Hester, dan Putri Pariwisata Kukar 2, Meirinda Dila Ananda. Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kalimantan Timur ini juga meliputi beberapa kategori seperti penilaian Best Presentation berbakat, Persahabatan dan sejumlah penilaian pada Gran Final bertema Eksistensi Generasi Milenial Memanfaatkan Ekonomi Kreatif. Penilaian pada grand final ini juga bukan penilaian satu satunya karena mereka sudah dinilai sejak karantina. Mereka ada hasil penilaian dengan karantina yang sudah berlangsung 2 hari sebelum grand final. Hasil dari Grand Final Putri Pariwisata selanjutnya akan mengikuti Putri Pariwisata dan Duta Pariwisata tingkat nasional 2022 mewakili provinsi Kalimantan Timur.

 Camping Komunitas Part 3 Sebagai Penggerak Ekonomi Pesisir

Camping komunitas yang sudah memasuki fase ke 3 dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 11 – 12 Desember 2021 dengan tema Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Ekonomi Pesisir. Camping komunitas ini mendapat apresiasi dari peserta dan masyarakat sekitar yang ikut terdampak secara ekonomi melalui acara yang dilaksanakan. Komunitas-komunitas yang ada di luar maupun dalam daerah ikut andil dalam acara tersebut sehingga sangat meriah. Karena masih pandemi, acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan.
Peserta camping sangat menikmati acara, berbagai macam kegiatan yang dilakukan mulai dari api unggun, menikmati pesona pantai, ngopi pantai, seni rupa, education pariwisata, live musik, tari tradisional, zumba, pemutaran film promosi wisata, game, dan doorprize. Ditambah lagi dengan special performance dari band Kapital melengkapi keseruan camping komunitas part 3 tersebut.

 Optimalisasi Penyusunan Laporan Kinerja Dinas Pariwisata

Dinas Pariwisata terus memaksimalkan teknologi yang ada untuk langsung diaplikasikan kepada beban kerja melalui pelaporan kinerja yang berbasis teknologi aplikasi. Acara berlangsung secara tertutup di hotel dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dengan adanya program ini, diharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara khususnya yang ada di Dinas Pariwisata bisa lebih efektif dan efisien dalam penyusunan laporan kinerja dengan berbasis aplikasi sehingga kinerja maupun pelayanan terhadap masyarakat bisa terus ditingkatkan. Acara ini berlangsung pada 26 November 2021. Dinas Pariwisata sendiri terus berbenah diseluruh sektor untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui tupoksi yang dijalankan. Begitu pula dengan administrasinya, dengan berbasis aplikasi ini diharapkan akan memudahkan sistem yang sudah diterapkan sebelumnya menjadi sistem yang lebih simple namun mudah digunakan agar pelayan yang dilakukan juga bisa maksimal. Acara dihadiri pejabat-pejabat Dinas Pariwisata mulai dari Kepala Bidang, Kepala Seksi, hingga jajarannya.

 Desa Wisata Pela Menerima Penghargaan Nasional

Suatu kebanggaan bagi kita rakyat Kalimantan Timur, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno mengenakan pakaian adat kaltim dalam acara Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021. Acara yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada desa-desa wisata yang ada diseluruh Indonesia agar nantinya dengan diberikannya apresiasi tersebut, desa-desa yang terpilih bisa menjadi contoh pengembangan desa dengan berbasis wisata sehingga desa-desa lainnya makin termotivasi untuk mulai berbenah diri agar desanya semakin maju dan inovatif khususnya dibidang kepariwisataannya.
Dalam acara yang berlangsung, kebanggaan juga untuk masyarakat Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara karena salah satu desanya, yaitu Desa Wisata Pela menerima penghargaan nasional atas prestasinya sebagai Desa Wisata Berkelanjutan berdasarkan sertifikat oleh lembaga sertifikasi dewan kepariwisataan berkelanjutan Indonesia dan ditandatangani langusng oleh Bapak Mentreri Sandiaga Uno. Acara berlangsung di Jakarta pada tanggal 4 Desember 2021.

 Antusias Warga Sekitar Menyaksikan Penayangan Film Perisai Mahakam

Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Edi Damansyah membuka launching Pemutaran Film Perisai Mahakam yang berlangsung di Kecamatan Muara Wis pada malam ini (04/12). Launching film ini disaksikan langsung oleh masyarakat Kecamatan Muara Wis dan sekitarnya. Masyarakat sangat antusias dengan penayangan film yang digadang-gadang nantinya bisa tembus pasar nasional hingga bisa ditayangkan di Bioskop XXI.
Dimulai dari penayangan trailer dan video promosi serta wawancara talent bersama Bapak Bupati Kutai Kartanegara. Ada juga penampilan tarsul, dan tari-tari tradisional yang dibawakan langsung oleh talenta lokal Muara Wis. Antusias warga sekitar terlihat disekeliling stand pameran maupun jualan warga dengan berbagai jenis makanan syang cukup padat sehingga juga meningkatkan ekonomi kerakyatan disana. Protokol kesehatan tetap diutamakan jelan acara penayangan berlangsung. Acara berlangsung sukses hingga akhir.

 Jadwal Penayangan Perisai Mahakam Di Muara Wis

Saksikan penayangan perdana Film Perisai Mahakam di Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara. Dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara beserta jajarannya. Acara dijadwalkan berlangsung pada hari Sabtu malam, 4 Desember 2021. Dimulai dari penayangan trailer dan video promosi serta wawancara talent bersama Bapak Bupati Kutai Kartanegara. Ada juga penampilan tarsul, dan tari-tari tradisional yang dibawakan langsung oleh talenta lokal Muara Wis.
Acara ini diprediksi ramai karenadilaksanakan di lapangan bola Kecamatan Muara Wis. Terlihat sebelum hari penayangan sudah ada stand pameran maupun jualan warga dengan berbagai jenis makanan sehingga juga meningkatkan ekonomi kerakyatan disana. Protokol kesehatan tetap diutamakan jelan acara penayangan berlangsung.

 Ngapeh Hambat Tentang Pariwisata Kukar Bersama Bapak Bupati

Ngapeh Hambat dengan tema “Dalam rangka Implementasi Smart City di Kutai Kartanegara bersama Bupati Kutai Kartanegara, akademisi Muhammad Fadli Sp,SH.,MP dan Perwakilan Komunitas Terang Tanah / TIK Reza Wardhana. Disiarkan langsung dari kanal YouTube Kota Raja Channel. Acara berlangsung pada hari Kamis, 02 Desember 2021 Jam 08.00 - 09.00 Pagi di Kominfo Kukar. Acara dibawakan oleh Host oleh Akbar Haka.
Ngapeh hambat berlangsung santai dengan meja bundar dikelilingi para audience dan peserta ngapeh. Bupati Kutai Kartanegara serta jajarannya sembari menikmati makan pagi sambil berbincang santai. Pembahasan pada ngapeh kali ini berlangsung seru. Fokusnya pada Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan dijadikan Smart City sesuai implementasinya sehingga juga berpengaruh terhadap kemajuan modern pariwisatanya melalui brand Kukar Asia Wonders. Acara berlangsung hingga matahari mulai naik menandakan siang hari mulai tiba.

 Motif Kembang Janggut Di Resurrection Explore 2021

Sukses dengan Batik Melayu Kutai pada Jogja Fashion Parade 2021 pada pertengahan Oktober lalu, baru-baru ini, pada tanggal 12 November 2021, Designer Imam Mardioto kembali memukau dengan menampilkan karyanya bertema “Kembang Janggut” di Resurrection Explore tepatnya di City Hall Sleman Yogyakarta. Diwawancarai media lokal setempat, Imam Mardioto mengatakan “Peragaan Fashion kali ini dengan motif Kembang Janggut sekaligus juga mengenalkan potensi daerha yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara”.
Potensi-potensi tersebut bisa dikenalkan dengan baik karena Kutai Kartanegara sendiri memiliki ciri khas maupun kearifan lokal yang unik untuk dikenalkan dikancah nasional. “semoga kedepannya motif-motif terbaru batik Melayu Kutai akan terus bermunculan di dunia fashion sehingga bisa menjadi nilai tambah untuk mempromosikan fashion Kutai di kancah nasional maupun internasional”. Jelas Designer Imam Mardioto kepada media lokal setempat yang mewawancarainya.

 Loa Janan Menyuguhkan Potensi Pariwisata Melalui Desa Wisata Benua Elai

Desa Batuah nantinya akan menjadi Desa Wisata di Kutai Kartanegara yang makin dikenal sebagai destinasi pariwisata seiring berdirinya Desa Wisata Benua Elai. Desa ini menyuguhkan banyak potensi dan keunggulan. Desa Batuah merupakan wajah baru pariwisata di Kutai Kartanegara.
Desa Wisata Benua Elai terbentuk di Dusun Karya Makmur, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan. Diresmikan Selasa, 9 November 2021 oleh Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Edi Damansyah. Desa Wisata Benua Elai berisikan dua kolam pemancingan besar dan dua kolam sedang. Area 12 hektare tersebut juga bakal dilengkapi gazebo, spot foto, workshop, budidaya elai, dan sarana edukasi.

Even Tahunan

Even