Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 271
Total Hits : 1,799,053
Pengunjung Hari Ini : 86
Pengunjung Online : 3
Total pengunjung : 491,939

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 95 Next > Last >>

 Lamin Etam Ambors Dipadati Pengunjung

Serunya liburan di Lamin Etam Ambors Samboja Kutai Kartanegara. Jika singgah di Samboja, tidak lengkap rasanya kalau belum singgah di Objek Wisata ini. Spot foto instagramable, wahana permainan yang seru, & berbagai macam tempat menarik menjadikan Objek Wisata ini favorit keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Pengunjung selalu memadati objek wisata ini untuk sekedar mengisi waktu libur bersama keluarga. Terlihat pengunjung selalu memadati Lamin Etam Ambors saat akhir pekan maupun saat libur sekolah. 
Foto dalam artikel ini diambil saat bertepatan dengan liburan anak-anak sekolah sehingga wahana bermain menjadi favorit bagi pengunjung untuk menikmati keseruan wahana bermain di Lamin Etam Ambors yang mempunyai fasilitas cukup lengkap untuk menunjang wisatawan dalam berwisata. Pengunjung tidak hanya masyarakat sekitar Samboja saja, tetapi ada dari Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, bahkan Penajam Paser Utara pun datang ke objek wisata buatan ini. Berwisata yang seru untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta.

 Resep Masakan, Opor Kutai

Opor Kutai merupakan masakan yang paling sering disajikan dalam acara hajatan maupun syukuran khususnya adat Kutai. Berikut cara membuatnya. Siapkan dulu bahan : 500 gr ayam, potong menjadi 4 bagian, 100 gr kelapa parut, sangrai, giling halus, 500 ml santan dari ½ btr kelapa, 2 lbr daun jeruk, 2 btg serai, memarkan, 1 sdt gula merah, 1 sdt air asam, 2 sdm minyak goreng, untuk menumis, dan 1 ½ sdt garam. Bumbunya disiapkan terlebih dahulu, bahan-bahannya dihaluskan berupa 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 butir kemiri, ½ sdt ketumbar, ¼ sdt jinten, 3 cm kunyit, dan 2 cm jahe. Cara Membuat : Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Lalu tambahkan santan, gula dan garam, masak sambil diaduk hingga matang. Terakhir masukkan kelapa sangrai yang telah dihaluskan tambahkan air asam. Aduk sebentar, angkat. Sajikan.

 Resep Masakan, Sambal Kutai Plus

Sambal Kutai Plus merupakan kuliner yang cukup populer dikalangan pecinta pedas. Sering disajikan dalam acara beseprah. Mari kita lihat cara pembuatannya. Pertama-tama, siapkan dulu bahannya berupa Minyak untuk menumis dan menggoreng, 250 gram tempe, potong-potong 2×5 cm, 250 gram udang kupas, 250 gram daging kerang kampak, 1 buah terung ungu, 150 gram kacang panjang, 1 papan petai, 200 gram cabai merah, 50 gram cabai rawit, 100 gram bawang merah, 1 buah tomat, belah-belah, 2 sdt garam, 1 1/2 sdt terasi matang, dan 1 sdm gula merah. Cara membuatnya : pertama-tama panaskan minyak goreng yang banyak di dalam wajan, masukkan tempe iris, goreng hingga kekuningan, angkat. Goreng udang dan kerang kampak secara terpisah, goreng sebentar saja, angkat, tiriskan. Setelah itu belah terung menjadi 2 bagian, potong melintang 5 cm. 

Potong-potong kacang panjang ukuran 5 cm, dan kupas petai, buang kulit arinya. Goreng masing-masing bahan dalam minyak panas secara terpisah sampai terung dan kacang panjang lunak, dan petai layu, angkat, tiriskan. Lalu tumis cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan tomat secara terpisah masing-masing dengan 2 sdm minyak goreng sampai matang., angkat. Gerus menjadi satu bersama garam, terasi, dan gula merah sampai lembut (jangan terlalu halus). Masukkan udang dan kerang kampak, pukul-pukul sampai memar. Masukkan tempe, terung, dan kacang panjang. Gerus kasar sampai tercampur. Terakhir masukkan petai, aduk rata, hidangkan.


   


 Resep Masakan, Sambal Raja Dari Kutai

Sambal Raja dari Kutai, masakan yang memicu rasa lapar ini bisa jadi referensi bagi semua untuk dicoba. Siapkan dulu bahan-bahannya berupa : 3 sdm minyak sayur, 5 helai kacang panjang, potong 2 cm, 1 buah terong ungu, potong dadu 1 cm, 10 butir bawang merah, belah 4, 2 butir telur ayam, rebus, kupas, cincang. Setelah semua bahan terpenuhi, buat dulu bumbu masakannya, siapkan berupa : 10 buah cabai merah besar, 10 buah cabai tiung (rawit), 1 buah jeruk cina (limau kasturi, lemon cui), Blacan (trasi) secukupnya, Garam secukupnya, Gula pasir secukupnya. Setelah semuanya lengkap, Goreng kacang panjang, terung dan bawang merah sebentar dengan minyak panas. Cabai dihaluskan dengan etrasi, garam, dan gula. Bubuhi sambal dengan perasan jeruk cina. Tumis sambal dengan minyak sayur. Rajang halus kulit jeruk cina, campurkan ke dalam sambal. Sajikan sambal di tengah cobek, dikelilingi oleh telur rebus, bawang, terong, dan kacang panjang. Sajikan dengan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya. 

 Warna Baru Jam Bentong

Jam Bentong merupakan salah satu icon kota raja Tenggarong, karena posisinya yang cukup strategis, tepat saat pintu awal wisatawan memasuki kota Tenggarong lewat jembatan, terlihat dengan jelas Jam Bentong dengan tulisan Tenggaong Visitor Center atau yang biasa kita ketahui dengan tempat singgahnya wisatawan untuk menemukan informasi tentang wisata. Di tahun 2020, Jam Bentong mulai direnovasi agar menjadi icon yang indah. Berawal dari warna kuning, sekarang di tahun 2022 terlihat Jam Bentong berwarna merah cerah, dihiasi dengan motif tambak karang yang terukir jelas disisi Jam Bentong.
Andi Widyaningsih atau dikenal dengan Wiwik selaku kordinator Jam Bentong di Dinas Pariwisata menjelaskan, pusat informasi pariwisata ini nantinya dipindah ke gedung tepat berada di depan Jam Bentong, sedangkan Jam Bentong sendiri akan dijadikan museum mini. “Jam Bentong yang awalnya difungsikan sebagai pusat informasi pariwisata nantinya akan menjadi museum mini, pusat informasi pariwisata akan beralih ke gedung yang berada tepat di depan Jam Bentong.” ujarnya saat ditanya belum lama ini. Saat ini Jam Bentong dan gedung baru Pusat Informasi Pariwisata belum bisa difungsikan lantaran belum adanya aliran listrik. Direncanakan dalam waktu dekat semua ini bisa teraliri listrik sehingga Jam Bentong dan gedung baru Pusat Informasi Pariwisata bisa difungsikan.  

 Kegiatan Sehat Di Festival Sebulu

Salah satu kegiatan dalam Festival Sebulu 2022 yaitu jalan santai, senam jantung sehat dan zumba party berlangsung hari Sabtu, 25 Juni 2022 pukul 06.30 WITA s.d Selesai. Pakaian yang digunakan diharapkan serba merah. Jalan santai akan dimulai dari Lapangan Gang Merak Desa Sebulu Ulu dan finish di Lapangan Sutardi Desa Sebulu Ilir (Lapangan Kuning). Sambil akan diadakan kegiatan mutik sampah sepanjang jalan santai sebagai bentuk bersih-bersih desa.
Acara yang sekaligus memperingati ulang tahun kecamatan Sebulu ini akan dipandu oleh H. Nurul Yakin (Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Kecamatan Sebulu), ZIN Endah (Desa Segihan), dan ZIN Angga (Tenggarong). Diperkirakan kegiatan ini akan mengundang animo tinggi dari masyarakat sekitar karena lewat jalan santai, senam jantung sehat, ditambah dengan zumba party membuat masyarakat setempat menjadi antusias untuk mengikuti acara ini. Ditambah dengan pembagian doorprize menjadikan kegiatan kali ini sangat ditunggu-tunggu. 

 Diperlukannya Pemandu Wisata Di Kutai Kartanegara

General Manager Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Hariyanto mengungkapkan pihaknya selaku perwakilan pelaku industri pariwisata sangat membutuhkan tourGuide atau pemandu wisata yang pandai dan mahir berbahasa Inggris. "Sejak 2017 hingga sekarang itu Kukar hanya memiliki empat orang guide, tapi yang pandai dan mahir berbahasa Inggris cuma satu orang. Tentu ini sangat kurang sekali mengingat Kukar digadang-gadang menjadi kawasan industri pariwisata," katanya dengan beberapa media lokal setempat. Sektor pariwisata Kukar digadang-gadang bakal menjadi andalan untuk pondasi dan penguatan ekonomi masyarakat. Namun bukan hanya menyiapkan objek wisata dan destinasi wisata yang menjadi ikonik dan andalan, persiapan SDM yang berkualitas dan mumpuni untuk menunjang peningkatan dan daya tarik wisata juga sangat dibutuhkan.
Hariyanto berharap sembari Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim,  dalam persiapan dan terus berjalan, sebaiknya Kukar selaku mitra IKN terus mempersiapkan SDM, termasuk SDM di sektor pariwisata. Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dispar Kukar, Witontro menegaskan pihaknya sepakat jika harus sejak dini mempersiapkan SDM di sektor wisata, terlebih lagi saat ini bidang wisata tengah terus bergerak dan naik lagi pasca pandemi Covid-19 terus menurun. "Kami siap mendukung peningkatan SDM wisata, makanya ke depan akan kita lakukan pola kerja sama dengan Unikarta dalam hal ini Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unikarta," harap Witontro.  

 Lestarikan Budaya Lokal Melalui Festival Sebulu

Lomba olahraga tradisional meramaikan perhelatan hari ulang tahun (HUT) ke 57 Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur yang dikemas dalam Festival Sebulu Kukar. Egrang, Dagongan, Asenaga, Behempas Bantal, menjadi permainan atau olahraga tradisional yang dipertandingkan pada gelaran Festival Sebulu Kukar. Pertandingan yang baru-baru saja digelar itu diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan, baik dari anak-anak, pemuda dan orang dewasa, meramaikan Festival Sebulu Kukar. 
Camat Sebulu, Bapak Edy Fahruddin mengatakan, dipilihnya olahraga tradisional ini untuk memeriahkan acara lantaran bagian dari upaya melestarikan budaya lokal di Kutai Kartanegara. Hampir ratusan warga antusias dengan permainan tradisional ini, kedepannya kami akan melaksanakan pameran Sebulu UMKM Kreatif, dan juga Sebulu Beseprah serta Sebulu Bersholawat.” Kata beliau kepada media, Rabu 15 Juni 2022. Dari kegiatan tersebut, kecamatan Sebulu berencana bakal mengirimkan perwakilan untuk mengikuti di tingkat kabupaten yang dilaksanakan setiap festival Erau. "Jenis olahraga ini Kecamatan Sebulu kirim ke festifal Erau pasti menang. Makanya kami adakan kegiatan ini," ujar beliau.

 Festival Sebulu 2022 Berlangsung Meriah

Festival Sebulu 2022 berlangsung meriah dan semarak. Konsep kemasan Expo dalam rangkaian Festival ini dapat mewadahi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) sehingga terjadi interaksi dan transaksi merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan UMKM di Kukar khususnya di Kecamatan Sebulu. Bupati Kutai Kartanegara dalam sambutannya menyampaikan "Kita melihat bahwa kegirangan, kegembiraan dan antusiasme masyarakat selama dua tahun setengah itu tidak ada hiburan seperti ini, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kukar wabil khusus masyarakat Kecamatan Sebulu," ujar beliau.
Rangkain kegiatan festival Sebulu 2022 dilaksanakan dari 18 Juni - 3 Juli 2022, yang diisi berbagai kegiatan, salah satunya pameran atau expo Sebulu UMKM kreatif. Disebutkannya kegiatan ini merupakan wujud mandat yang diberikan sebagai kerja kolaborasi,  semua unsur baik itu seluruh kepala  desa, pelaku usaha, organisasi masyarakat (ormas) semua ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Sebulu 2022. Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wiyono, Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadiraharja, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Aji Ali Husni.

 Apresiasi Kadispar Kukar Untuk Festival Jaranan

Pembukaan Festival Jaranan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet, Kabid Pemgembangan Ekonomi Kreatif David Haka, Camat Tenggarong Seberang Sugiarto, dan Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono. Bentuk apresiasi dari Kepala Dinas Pariwisata kepada Festival Jaranan yang dilaksanakan untuk menggeliatkan kembali budaya lokal setempat. Dalam kegiatan tersebut akan diikuti 20 grub jaranan se Kukar yang nantinya ditandingkan.Selain itu juga dimeriahkan puluhan stan UMKM yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang.
"Saya merasa senang, event-event kita sudah mulai karena sudah ada sedikit kelonggaran didalam pelaksanaannya. Ijin dari pihak yang berwenang juga dikeluarkan seperti dari satgas covid-19. Memang masih ada pembatasan kegiatan misalkan malam belum boleh mengadakan acara yang sifatnya musik dan sebagainya hanya boleh kesenian-kesenian." kata Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadi Raharjo hari Senin (13/6/2022). 
Kemudian yang paling utama adalah kegiatan Festival Jaranan yang diikuti oleh UMKM, karena antusias penonton ramai dan diacara tersebut banyak tenan-tenan yang berpartisipasi didalam kegiatan UMKM. Yang nantinya bisa menumbuhkan ekonomi yang selama ini mulai bangkit.  "Artinya dalam kegiatan ini minimal ada dampak multi efeknya disamping kita berbicara masalah program dedikasi Bupati Dan Wakil yaitu Kukar Kaya Festival." ujarnya. Kegiatan Festival Jaranan ini baru pertama kali diadakan Dinas Pariwisata tahun ini. Harapan kedepannya banyak kesenian atau festival yang akan dilakukan Dinas Pariwisata. "Dengan adanya kegiatan seperti ini juga melestarikan dan memperkenalkan budaya yang ada di Nusantara, karena di Kukar ini banyak warga dari luar Kukar. Artinya di situ kita bisa memfasilitasi dan itu bagian dari pelestarian budaya dan keragaman nasional bukan Kutai saja." pungkasnya.  

Even Tahunan

Even